Friday, August 5, 2011

Seberapa Sering Harus Menimbang Badan?

Mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan tentu rajin menimbang berat badan untuk mengetahui ada tidaknya pertambahan berat badan. Namun, ternyata tidak semua orang disarankan untuk rutin memonitor berat badan.

Penelitian menunjukkan, menimbang badan secara teratur, baik setiap hari maupun seminggu sekali, sangat membantu program pelangsingan yang sedang dilakukan. Kita juga lebih waspada jika ada hal yang perlu dikoreksi. Kebiasaan itu sama baiknya dengan menjalankan pola makan yang sehat.

Akan tetapi, jika tujuan Anda berolahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan dan stamina, sebaiknya Anda jangan terlalu sering menimbang badan.

Hal ini karena timbangan biasanya tidak bisa membedakan lemak dengan otot sehingga angka di timbangan bisa menunjukkan angka yang tinggi. Padahal, sebenarnya yang bertambah adalah massa otot. Itu sebabnya, para atlet yang memiliki lemak tubuh rendah tetapi massa otot tinggi bisa dikategorikan obesitas berdasarkan angka timbangan.

Selain timbangan, cara lain untuk mengetahui apakah berat badan kita sudah ideal adalah dengan mengukur lingkar pinggang.

No comments:

Post a Comment