Tuesday, August 16, 2011

Awas, Gigi Berlubang Picu Infeksi Ginjal!

Banyak orang menyepelekan sakit gigi. Padahal, pembusukan gigi yang dibiarkan terus-menerus tidak hanya menimbulkan rasa sakit pada gigi, melainkan juga memiliki dampak yang jauh lebih berbahaya. Pasalnya, gigi berlubang bisa menjadi penyalur masuknya kuman penyakit melalui darah. Salah satunya, infeksi ginjal.



Sebanyak 72 persen dari seluruh populasi Indonesia (anak-anak dan dewasa), mengalami karies atau gigi berlubang. Gigi yang berlubang jika dibiarkan dapat membusuk dan dihinggapi kuman. Dengan membiarkannya, ancaman kesehatan lebih vital dapat terjadi jika kita malas merawat gigi dan mulut.



"Kuman pada gigi yang membusuk bisa terbawa akan masuk dan terbawa oleh aliran darah. Jika menyangkut di pori-pori ginjal bisa menyebabkan infeksi ginjal dan mengharuskan Anda keluar biaya lebih besar," kata Drg Zaura dalam acara “Bulan Kesehatan Gigi Nasional Datang Lagi” yang digagas Pepsodent di Jakarta, Senin (15/8/11).



Lebih lanjut Drg Zaura menambahkan, kuman dapat menempel di katup jantung dan bisa menyebabkan penyakit jantung.



"Untuk itu, penting untuk merawat gigi dan mulut dengan menyikat gigi dua hari sekali pagi dan malam, serta memeriksakan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali," tutupnya.

No comments:

Post a Comment