Saturday, August 6, 2011

Benarkah Hipnosis Bisa Melangsingkan?

Menurunkan berat badan memang memerlukan usaha, baik dengan pembatasan pola makan, berolahraga, maupun mengubah gaya hidup. Namun, tak sedikit orang yang ingin hasil secara instan berpaling pada terapi hipnosis untuk melangsingkan.

Hipnosis mungkin memiliki efek positif dalam hal penurunan berat badan (BB). Menurut dr Manny Alvarez, pengasuh berbagai rubrik kesehatan, kebanyakan orang yang sulit menurunkan BB dipengaruhi oleh faktor mood, kebiasaan, dan kurangnya pengendalian diri. Hipnosis jelas berperan pada orang-orang dengan karateristik tersebut.

Namun, Manny menjelaskan, sifat hipnosis dalam mengubah bawah sadar bersifat sementara. "Memakai terapi hipnosis untuk penurunan berat badan biasanya terdiri atas dua proses," katanya.

Pertama, terapis harus membantu pasien memahami perilaku mereka yang menimbulkan masalah, misalnya sulit menahan nafsu makan atau ogah berolahraga. Kemudian, ketika pasien dalam keadaan rileks dan mudah dipengaruhi, terapis akan memasukkan sugesti untuk menjauhi kebiasaan buruk tersebut.

Meskipun secara ilmiah belum ada kesimpulan yang menyebutkan hipnosis efektif untuk menurunkan BB, menurut Manny, laporan individu dari pasien dan dokter menyebutkan, jika semua metode penurunan BB tidak berhasil, hipnosis layak dipertimbangkan.

"Yang harus dipahami adalah hipnosis merupakan jenis psikoterapi yang cenderung berhasil jika seseorang patuh. Apabila Anda termasuk yang resistan dan sangsi, bisanya tidak berhasil," tuturnya.

Walaupun metode hipnosis termasuk aman, sebaiknya Anda memilih terapis yang terdaftar dan memiliki reputasi karena alam pikiran Anda akan dikuasai terapis selama proses penanaman sugesti.

"Pada dasarnya bukan hipnosis yang membuat langsing, tetapi gaya hidup sehat, seperti olahraga dan diet, yang dikuatkan oleh hipnosis," paparnya.

No comments:

Post a Comment