Saturday, July 30, 2011

Susu Botol Bisa Jauhkan Hubungan Ibu & Anak

Ahli pangan dan gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ali Khomsan mengimbau kepada para ibu agar tidak memberikan anak-anaknya susu botol dan bubuk sebagai pengganti air susu ibu.

"Susu botol dan bubuk tidak bisa menyamai ASI eksklusif, karena bisa membuat kedekatan anak dan ibu berkurang," katanya di Binus International School, Serpong, Jumat (29/7/2011).

Jika seorang ibu memiliki kesibukan kerja tinggi tapi ingin menyusui buah hatinya, maka dia bisa memeras susunya sendiri setiap hari sebelum bekerja dan menaruhnya di dalam lemari es.

Namun untuk melakukan hal itu dibutuhkan usaha yang sangat keras dari si ibu. Tidak semua ibu bisa melakukan itu. Hanya mereka yang sangat menyayangi anaknya lah yang sanggup melakukan hal itu.

"Itu membutuhkan ketelatenan dari sang ibu. Tapi jika terpaksa, pemberian susu botol dan bubuk bisa dilakukan," terangnya.

Seorang anak, diwajibkan minum ASI eksklusif mulai usia 0-6 bulan. Pada usia 6 bulan-1 tahun, seorang anak sudah bisa diberikan makanan lunak dan lembek, seperti bubur susu. Usia 1 tahun dan seterusnya, anak sudah diperbolehkan konsumsi makanan kedua orangtuanya.

"Tergantung pertumbuhan giginya. Tapi, anak usia 0-6 bulan, ASI harus tetap diberikan," tutupnya.

No comments:

Post a Comment