Sunday, July 3, 2011

Aman dan Nyaman Ber-gadget Ria!

Kehadiran gadget kini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Namun tanpa penggunaan yang bijaksana, penggunaan gadget bisa merugikan, termasuk untuk kesehatan. Simak tips-tips penggunaan gadget yang aman dan nyaman berikut ini:

1. Telepon Seluler
Gunakan telinga sebelah kiri ketika menerima atau menelepon. Sebab, mendengarkan telepon melalui telinga kanan akan langsung memberi efek buruk kepada otak.

Ketika ponsel sedang di-charge, jangan digunakan. Karena terhubung dengan sambungan listrik, ponsel bisa cepat menjadi panas. Juga, segera cabut ponsel jika proses charge sudah kelar.

Simpan ponsel di kantong celana bagian belakang untuk kaum pria. Menurut sebuah artikel di situs Let Me Get, mengantongi ponsel di celana bagian depan dapat memengaruhi hitungan sperma.

Hindari memakai ponsel ketika berkendara.

Gunakan hands-free ketika memakai ponsel dalam jangka waktu lama. Dengan demikian, ponsel tetap berada dalam jarak yang relatif jauh dari tubuh dan mengurangi paparan emisi.

2. Laptop
Gunakan laptop dalam jangka waktu pendek dan duduklah di kursi yang nyaman. Jika harus bekerja dengan laptop dalam waktu lama, gunakan keyboard terpisah, mouse, dan pengganjal laptop.

Bekerja terlalu lama dengan laptop dapat menyebabkan beberapa masalah, misalnya punggung dan bahu pegal, serta mata terasa lelah. Untuk menghindarinya, lakukan peregangan, misalnya satu jam sekali, untuk mengurangi lelah otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

Bahaya utama adalah paha terasa terbakar jika bekerja dengan meletakkan laptop di atas paha. Untuk itu, gunakan meja laptop atau cooler.

Untuk memungkinkan keberadaan aliran udara antara laptop dan tubuh Anda, meja laptop sebaiknya memiliki ventilasi yang bagus.

Cabut semua aliran listrik usai memakai laptop, untuk semua aksesoris, termasuk juga listrik untuk laptop. Laptop yang tetap dialiri listrik, saat tidak dipakai, akan menyebabkan kelebihan panas pada laptop.

Hindari bahan lunak sebagai alas laptop di atas paha. Bahan lunak dapat menutup aliran udara dan jika terlalu panas, akan menyebabkan kebakaran.

3. Komputer
Letakkan monitor pada jarak yang aman dan pastikan Anda masih dapat melihat semua tulisan dan gambar dari monitor tersebut. Jarak yang ideal adalah antara 50 cm hingga 1 meter.

Jangan duduk pada posisi yang sama selama 1 jam.

Agar mata tidak terasa teriritasi karena memandang monitor dalam waktu lama, alihkan pandangan ke tempat lain setiap 20 menit. Objek berwarna hijau tua bisa menjadi alternatif pandangan terbagus.

Tetap berada pada satu posisi saat mengoperasikan mouse, dapat menyebabkan kondisi yang bernama repetitive strain disorder, yakni sendi di pergelangan akan terasa sakit. Karena itu, lepaskan mouse sekali-kali dan putar-putar pergelangan tangan, sebelum kembali bekerja.

Usahakan keyboard tetap berada pada posisi yang paling nyaman untuk Anda. Untuk mendapatkan postur tubuh yang paling netral, ubah tinggi kursi.

Mereka yang kidal juga harus memakai mouse yang khusus dibuat untuk mereka.

Minum banyak air putih ketika harus bekerja lama di depan komputer, untuk menghindari kram otot dan persendian.

4. Televisi
Jika ada, gunakan pelindung layar televisi dan jaga jarak antara Anda dengan pesawat televisi.

Jangan menonton dalam kegelapan, terutama pada malam hari.

Jangan lupa untuk memeriksa alat-alat keamanan ketika membeli pesawat televisi.Yang paling utama adalah membatasi waktu menonton televisi. Lakukan aktivitas lain, seperti bermain di luar rumah, membaca surat kabar, dan lainnya.

Untuk keamanan anak Anda, letakkan televisi di ruang hiburan, jangan di kamar tidur mereka.

Ubah seting warna layar televisi agar nyaman untuk mata Anda.

5. MP3 Player

Kendalikan volume suara pemutar mp3 untuk mengurangi bahaya yang terjadi pada telinga. Atur suara menjadi maksimum 70-80 persen. • Saat terjadi petir, segera lepaskan earphone penghubung pemutar mp3 dari telinga, terutama saat Anda berada di luar rumah. Petir dan pemutar mp3 dapat menyebabkan aliran listrik yang berbahaya. Karena itu, saat sedang banyak petir, simpan pemutar mp3 dan tunggu sampai Anda masuk ke rumah untuk bisa memutarnya kembali. • Satu merek mp3 player tertentu memakai headphones semerek berwarna putih. Jika mungkin beli headphones tanpa merek/ merek lain dengan warna selain putih.

6. Video Games

Perhatikan rating video game yang Anda beli. Pastikan sesuai dengan usia anak Anda.

Gunakan wireless controllers supaya anak tidak tersandung kabel yang bertebaran di lantai.

Seperti biasa, batasi waktu bermain video game, maksimal 2 jam per hari.

Agar tangan tidak pegal, kendalikan controller dengan lembut. Demikian pula dengan game komputer. Tidak perlu menekan tombol-tombol keyboard keras-keras.

Agar mata tidak lelah, selalu ingatkan anak untuk melepaskan pandangan dari monitor dan coba cari pemandangan lain yang berjarak lumayan jauh.

Waktu bermain memang maksimal 2 jam per hari, namun tetap saja harus ada masa rehat pada waktu bermain video game itu.

No comments:

Post a Comment