Thursday, July 14, 2011

Sulap Alpukat Jadi Kudapan Menggugah Selera

Sebagai buah yang dapat dimanfaatkan untuk beragam minuman maupu makanan, alpukat akan semakin menggugah selera jika disajikan dengan bentuknya yang cantik. Untuk memotong alpukat dengan sempurna, yuk simak langkah berikut!

Alpukat sangat lezat disajikan pada es buah, pun juga nikmat dihidangkan pada sandwich, salad, ataupun guacamole (makanan tradisional asal Meksiko). Bisa dikatakan negara bagian Amerika Serikat, khususnya California itu merupakan penghasil buah alpukat terbesar di dunia. Terdiri dari 80 jenis buah, di mana alpukat jenis Haas banyak ditemukan di toko grosir.

Namun terkadang, untuk mendapatkan buah dan potongan yang sempurna tentu tidaklah mudah. Anda bisa saja mengirisnya terlalu besar, atau malah terlalu tipis. Karena tekstur buah buah berwarna hijau ini tebal serta mempunyai biji yang besar.

Jika ingin memotong alpukat dalam ukuran potongan-potongan yang tepat, dengan tidak mengelupas dan tidak berantakan, berikut langkahnya dari Sheknows.

Peras sedikit buah alpukat
Pilihlah alpukat yang matang, akan tetapi tidak terlalu matang. Sebuah alpukat yang sudah matang akan terlalu lunak dan lembek apabila diiris. Bila Anda mencari di pasar, carilah alpukat yang lembut ketika disentuh oleh tangan. Namun bila Anda ingin langsung menggunakannya, carilah alpukat yang tidak terlalu lembek ketika disentuh.

Perhatikan penggunaannya
Peganglah alpukat dengan lembut, tapi cukup keras. Ini dilakukan agar tidak tergelincir dari tangan Anda. Lalu, gunakan pisau yang tajam dan potong alpukat memanjang di sekitar lingkaran. Setelah itu belah menjadi dua bagian, pisahkan, dan angkat bijinya.

Buka lingkarannya

Anda bisa menyekop dengan menggunakan sendok serta membentuk lingkaran dengan memotongnya. Jika percaya dengan keahlian memotong Anda, tekan seluruhnya dengan menggunakan pisau agar alpukat tersebut keluar hingga membuat potongan yang signifikan. Kemudian, putar lingkaran itu keluar.

Sendokkan alpukat
Jika Anda ingin membuat guacamole, bisa dengan cara menyajikan alpukat yang ditumbuk. Atau bila ingin dibuat sandwich, sekop alpukat menggunakan sendok dari cangkangnya.

Namun jika ingin membuat salad, serta membuat alpukat tersebut berbentuk dadu, irislah dengan pola kotak-kotak di dalam alpukat. Langkah ini dilakukan seperti mengiris mangga yang masih menyatu dengan kulitnya.

Atau potong masing-masing setengah panjang dengan kulit masih ada, lalu buang kulitnya setelah potongan tersebut dipisahkan.

No comments:

Post a Comment