Sunday, July 24, 2011

Pilah-Pilih Buah Berkualitas

Saat Moms belanja bulanan, buah apa yang selalu masuk dalam keranjang belanja Anda? Selain rutin membelinya dengan alasan buah favorit keluarga, Anda perlu tahu segudang manfaat serta cara menyimpannya dengan baik.

Fakta buah

1. Mengandung rendah kalori dan banyak serat - menangkal kolesterol dan lemak dari tubuh, dan mencegah sembelit.

2. Kaya antioksidan, seperti poly-phenolic flavonoids - melindungi tubuh dari tekanan oksidan, pelbagai penyakit, dan kanker; vitamin C - meningkatkan kekebalan tubuh - bahkan beberapa buah dibanding sayuran dan biji-bijian memiliki antioksidan yang sangat tinggi; anthocyanins - senyawa flavanoids yang mengandung antioksidan, hilangkan radikal bebas, memberi perlindungan terhadap kanker, penuaan, infeksi, dan sebagainya.

3. Banyak mengandung vitamin, mineral, mikronutrisi, antioksidan yang mencegah atau setidaknya memperpanjang perubahan alami penuaan dengan melindungi sel, jaringan, organ dalam tubuh manusia. Sebut saja kerutan kulit, rambut rontok, kehilangan memori, masalah degenerasi, seperti retina mata, penyakit alzheimer, osteoporosis.

Apel

- Kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Sehingga membran mukosa usus besar terlindung dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker pada usus besar.
- Mengandung vitamin C dan beta karoten.
- Sumber vitamin B kompleks, seperti vitamin B-6 sebagai enzim dalam metabolisme tubuh.
- Memiliki sejumlah kecil mineral, sebut saja kalium, fosfor, dan kalsium. Kalium misalnya, termasuk komponen penting dari sel dan cairan tubuh guna mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Pilihlah apel berwarna cerah dan segar dan jangan memilih apel dengan kulit yang berbintik. Kemudian, Simpanlah apel di dalam kulkas, akan bertahan hingga 2-3 minggu. Sedangkan dalam suhu kamar, apel akan bertahan beberapa hari.

Untuk menyajikannya, cucilah apel di bawah air mengalir guna menghilangkan debu, insektisida/semprotan fungsida pada permukaannya. Lepaskan ujung atas dengan pisau dan belahlah menjadi dua.

Lalu, buanglah biji kecil di tengah. Dan iris apel dalam potongan dadu. Biasanya apel yang sudah dipotong bila didiamkan akan berwarna kecokelatan. Nah, untuk menunda sementara waktu, bilas irisan apel dengan air yang ditambah tetesan lemon segar. n

Pisang

- Kaya kalori, sekaligus rendah lemak.
- Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yan mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Pun mengurangi masalah sembelit.
- Mengandung vitamin C yang menangkal radikal bebas.
- Dapat menunda proses penuaan.
- Terdapat mineral, seperti tembaga - dibutuhkan bagi produksi sel darah merah - dan magnesium - memperkuat tulang dan melindungi jantung.

Piih pisang yang berwarna kuning terang, dengan aroma khas, juga kulit yang mudah dikelupas. Hindari menyimpan berdekatan dengan buah-buahan lainnya karena akan merusak kualitas pisang.

Anggur

- Kaya kalori, sekaligus rendah lemak.
- Karena tekstur lembut dengan kandungan gula, seperti fruktosa dan sukrosa, gampang diserap tubuh ketika mengisi ulang energi.
- Mengandung serat larut yang membantu pergerakan usus secara normal, sehingga mengurangi masalah sembelit.
- Dapat melindungi diri dari radikal bebas – mengandung vitamin C -, juga menunda proses penuaan.
- Terdapat mineral, seperti tembaga - dibutuhkan bagi produksi sel darah merah – dan magnesium - memperkuat tulang dan melindungi jantung.

Pilihlah anggur bebas dari keriput, luka, dan masih melekat pada batang. Dan, jangan memilih anggur yang mudah rontok. Lalu, letakkan dalam lemari es.

Bila hendak menyajikan, cucilah anggur dengan air dingin selama beberapa menit. Lalu, keringkan dengan kain lembut. Bila anggur tidak habis, hindari melepaskan anggur dari batangnya.

Jambu biji

- Merupakan pencahar yang baik. Serat ini melindungi selaput lendir usus besar yang mengikat racun penyebab usus besar.
- Lycopene dalam jambu biji menghindarkan kerusakan kulit akibat sinar UV dan kanker prostat.
- Mengandung vitamin C dosis tinggi untuk menangkal radikal bebas.

Pilihlah jambu biji dengan kulit utuh, tanpa memar lalu letakkan dalam lemari es. Bila hendak menyajikan, cucilah jambu biji dengan air mengalir guna hilangkan residu debu atau insektisida. Makanlah jambu biji bersama dengan kulitnya. Bila ada sisa-sisa bunga di bagian ujung, potong, lalu irislah.

Semangka

- Kaya elektrolit dan kadar air yang mengusir dahaga saat musim panas.
- Rendah kalori dan lemak, namun kaya nutrisi nabati dan antioksidan.
- Sumber terbaik vitamin A, sebagai antioksidan yang penting bagi penglihatan dan imunitas.
- Sumber kalium yang penting bagi sel dan cairan tubuh yang mengendalikan detak jantung dan tekanan darah, sehingga memberi perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

Pilih kulit semangka yang relatif halus, tidak terlalu mengilap, tanpa luka atau memar. Bila sudah membuka semangka, sebaiknya simpan dalam lemari es. Saat menyajikan, cucilah semangka dengan air bersih. Atau bersihkan dengan kain basah guna hilangkan debu pada permukaan dan insektisida.

Pepaya

- Memiliki daging buah yang lembut dan mudah diserap, sehingga membantu BAB dan mengurangi sembelit.
- Salah satu buah dengan kadar vitamin C tertinggi (lebih baik dari jeruk atau lemon) yang berguna bagi kekebalan tubuh dan bertindak sebagai anti-inflamasi (antiradang).
- Terbukti sebagai obat alami mengusir pelbagai penyakit, biji pepaya, misalnya, sebagai anti-inflamasi, anti-parasit, dan analgesik, juga mengobati sakit perut dan infeksi kurap.

Pilihlah kulit pepaya tanpa memar. Pepaya muda simpan dalam ruangan (suhu kamar) beberapa hari. Namun, bila pepaya sudah matang musti disimpan dalam lemari es.

Saat menyajikan, bersihkan pepaya di bawah air mengalir. Kupas kulitnya. Potonglah pepaya menjadi dua bagian, lalu buang bijinya. Potonglah memanjang atau dadu kecil.

No comments:

Post a Comment