Friday, October 28, 2011

Mengenal Penyakit Prostat


Lebaran tahun ini tidak terasa semangat seperti tahun-tahun sebelumnya. Ayahku yang berumur 66 tahun tiba-tiba tidak bisa buang ari kecil. Kenapa bisa terjadi? Saya sibuk mencari tahu apa sebenarnya penyebab penyakit tersebut. Dan ternyata setelah saya berkonsultasi dengan dokter, ayah saya menderita penyakit prostat. Terasa tidak asing penyakit tersebut terdengar di telinga. Penyakit tersebut biasa diderita oleh laki-laki dimulai umur 40 tahun. Menurut Dokter ahli patologi anatomi di medan, Delyuza, kaum pria yang berusia diatas 40 harus mewaspadai penyakit prostat.
Pengertian Prostat adalah suatu kelenjar pada pria yang berukuran kecil dengan berat sekitar 1 ons dan menjadi bagian dari sistem reproduksi kaum pria. Kelenjar ini terletak disekeliling uretra (saluran kencing)dan di depan rektum dibawah kandung kemih. Prostat berfungsi untuk menhasilkan cairan semen yang merupakan bagian dari sperma.

Gejala prostat bermacam-macam ada yang seperti ayah saya tidak bisa kencing karena saluran kencingnya tersumbat oleh prostat yang bengkak sehingga agar bisa buang air kecil harus menggunakan kateter. Ada juga yang mengalami terus menerus kencing dan tidak bisa ditahan terutama di malam hari sehingga banyak yang tidak bisa tidur akibat penyakit ini.

Untuk pencegahan kita disarankan untuk hidup sehat dan mengurangi makan makanan yang berlemak, berolah raga yang teratur, tidak merokok dan jangan bergadang. Minumlah air putih minimal 8 gelas seharidan menyegerkan buang ari kencing apabila sudah terasa ingin buang air kecil.

Untuk makan, sebaiknya memperbanyak makanan seperti kacang-kacangan, ikan, tomat alpukat dan juga kubis.

Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

No comments:

Post a Comment