Friday, October 28, 2011

Manfaat dan Khasiat Kunyit


Kunyit dalam bahasa latin Curcuma Longa termasuk tanaman rimpang dan termasuk didalam keluarga Jahe-jahean. Kunyit ini berasal dari daerah tropis Asia selatan dengan daerah yang memiliki temperatur 21°C s.d 30°C dan lembab.Kunyit ini di Indonesia banyak digunakan sebagai bumbu masakan.

Selain untuk untuk bumbu masakan manfaat kunyit adalah sebagai berikut :

Industri :
warna kuning yang dikandung kunyit berfungsi sebagai pelindung produk makanan akibat terkana sinar matahari. Selain itu campuran warna kuning kunyit digunakan untuk memberi warna pada produk makanan seperti mentega, keju dan margarin.


Kesehatan :
Kandungan senyawa kimia pada kunyit yaitu minyak atsiri dan kurkumin, dimana 2004 di tahun 2004 University of California dilakukan penelitian yang menemukan kurkumin dapat memperlancar penumpukan senyawa beta amilod pada otak penderita Alzheimer's, dan dapat menguraikan timbunan zat-zat tersebut.Selain itu senyawa kurkuimin dapat menghambat pertumbuhan kangker paru-paru dan juga pada penmelitian 2008 diperoleh hasil kandungan kunyit dapat mencegah diabetes.

Wanita :
ramuan kunyit dapat digunakan untuk memperlancar haid. Kunyit juga sangat bagus untuk perawatan kulit uang digunakan sebagai bahan lulur. Selain itu minuman kunyit juga dipercaya dapat mengobati jerawat.

No comments:

Post a Comment