Wednesday, March 14, 2012

Ternyata, Rumah Bisa Bikin Gemuk

Rumah Bisa bikin GemukTanpa disadari, ruangan di rumah ternyata bisa membuat berat badan melonjak naik. Dalam penelitian di tahun 2010 di Amerika, kita memiliki peluang tiga kali lebih besar untuk menyantap makan yang kita lihat pertama kali di rumah dibandingkan makanan yang kita lihat berikutnya.

Berikut ini beberapa tempat di rumah yang sebaiknya Anda perhatikan guna memiliki tubuh langsing.

Dapur
Dalam setiap rumah pasti memiliki dapur. Meskipun letaknya di bagian belakang, dapur menjadi surga karena menyimpan banyak stok makanan. Tempat ini juga menjadi tempat favorit seluruh anggota keluarga karena menjadi tempat pertama yang dituju ketika pulang dari sekolah atau tempat kerja karena merasa lapar.

Di dapur terdapat kulkas dan kabinet untuk menyimpan makanan yang kurang sehat dan berlemak, seperti coklat, softdrink dan sebagainya. Anda perlu tambahkan pasokan buah, sayur, yogurt dan susu rendah lemak. Menurut peneliti, mengonsumsi makanan sehat, segar dan rendah lemak bisa mengurangi berat badan.

Ruang keluarga
Di ruang keluarga biasanya terdapat sofa besar dan empuk yang akan membuat Anda enggan untuk beranjak. Tanpa disadari, menonton TV sambil bermalas-malasan di sofa disertai ngemil, turut membuat Anda betah berlama-lama duduk dan akhirnya menjadi gendut. Peneliti menemukan bahwa sofa empuk bisa membuat lemak tubuh kita juga merasakan nyaman, sehingga lingkar pinggang Anda melebar.

Atur kembali letak furniture di rumah Anda dan singkirkan segala macam cemilan di meja ruang keluarga untuk mencegah Anda mengonsumsinya. Jika Anda memiliki peralatan olahraga, seperti treadmil, jangan letakkan di sudut ruangan. Kebanyakan keluarga akhirnya menjadikan treadmil untuk menggantung pakaian atau tempat menyimpan sesuatu. Letakkan treadmil di lokasi utama, seperti ruang keluarga.

Kamar tidur
Tanpa disadari kondisi kamar tidur memiliki pengaruh dalam memicu kegemukan. Adanya TV, cemilan, pekerjaan kantor dan lainnya di dalam kamar bisa membuat Anda terus terjaga. Akibatnya, Anda mengalami kurang tidur dan memicu penambahan berat badan. Hal ini disebabkan karena hormon meregulasikan nafsu makan menjadi tidak terkendali.

Selain itu, makan di tempat tidur juga merupakan kebiasaan yang tidak sehat, meskipun Anda sedang sakit atau terlalu malas untuk turun ke meja makan. Hal ini mendorong kita makan tanpa berpikir dan akhirnya tempat tidur menjadi kotor serta penuh kuman.

Cobalah untuk membuat kondisi kamar senyaman mungkin dan jangan malas untuk makan di ruang makan. Selain itu, pasang alarm di pagi hari untuk berolahraga, juga jadi cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Pastikan juga Anda meletakkan sepatu olahraga yang mudah ditemukan.

No comments:

Post a Comment