Tuesday, January 31, 2012

Manjakan Anak Rugikan Anda Sendiri!

Beri uang saku berlebihanSemua orang tua tentunya ingin membahagiakan dan membuat anak mereka senang. Namun, jika itu dilakukan dengan berlebihan hingga memanjakan anak, maka efeknya tidak akan baik bahkan merugikan Anda sendiri!

Manjakan dengan uang
Ketika anak Anda memiliki rasa akan nilai uang, maka Anda akan kehilangan kesempatan mengajarkan mereka arti kehidupan dewasa kelak. Mereka tidak akan tahu pentingnya berbagai macam hal, misalnya, memberi, mendapatkan, menyimpan, merencanakan, dan mengeluarkan.

Bila ingin anak menjadi mandiri, independen, dan percaya akan kemampuan dirinya, maka Anda harus menyadari bahwa segala sesuatu tidak mudah di dapatkan. Biarkan anak mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan kemampuan mereka sendiri, bagaimana mereka menabung uang dan membeli barang kesukaanya.

Manjakan dengan TV
Anak yang banyak menonton program televisi namun belum memiliki daya kritis yang tinggi, besar kemungkinan terpengaruh oleh apa yang ditampilkan di televisi.

Mereka bisa jadi berpikir bahwa semua orang dalam kelompok tertentu mempunyai sifat yang sama dengan orang di layar televisi. Hal ini akan mempengaruhi sikap mereka dan dapat terbawa hingga mereka dewasa.

Agar tidak terjadi hal tersebut, sebaiknya lakukan pendampingan aktif selama anak menonton program televisi. Memilih program televisi yang paling sesuai untuk usia anak.

Sebaiknya televisi diletakkan di ruang tengah sehingga orangtua atau orang lain dapat dengan mudah mengetahui acara apa yang ditonton oleh anak-anak. Dalam kesempatan itu orang tua bisa berdiskusi tentang acara dan tokoh positif yang ada di televisi.

Jadi, masih mau manjakan anak anda?

No comments:

Post a Comment