Monday, September 19, 2011

Minum Susu, 2 Jam Sebelum Makan

Di dalam susu, memang terdapat kandungan gizi, protein, dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Namun, tidak boleh sembarang minum susu untuk mendapatkan semua khasiat tersebut. Minum susu harus diminum dua jam sebelum makan.

"Dua jam sebelum makan, karena susu memberi rasa kenyang dan tidak mau makan lagi. Susu memberi volume pada lambung," kata Dr Saptawati Bardosono, MD, MSc selaku Committee of Medical Unit Universitas Indonesia saat berbincang usai acara milkuat plus di Cilandak Town Squre, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (18/9/2011)

Selain aturan dua jam sebelum tidur, susu juga hanya boleh dikonsumsi dua hingga tiga kali dalam sehari.

"Untuk mendapatkan kadar protein dan kalsium yang baik, Anda harus minum susu dua sampai tiga kali sehari karena susu sebagai pelengkap. Biasanya susu sebagai selingan, karena susu tidak selalu bisa diminum," imbuhnya.

Anda tidak perlu memilih rasa enak yang digemari, namun nilai kandungan yang terdapat di dalamnya.

"Bukan karena warna atau flavour (rasa), tapi komposisi dari susu itu. Banyaknya flavour membuat orang minum susu menjadi senang dan menyenangkan," paparnya.

Selain memilih kandungan dalam susu tersebut, dia juga memberitahu kepada seluruh lapisan masyarakat agar jangan terlalu sering mengonsumsi susu kental manis karena dalam susu tersebut punya kandungan gula yang tinggi.

"Tidak bergantung dari jenis tapi komposisi dari susu, harus dilihat kadar protein dan kalsium, saya khawatir dengan susu kental manis karena kandungan gulanya sangat tinggi, kalau dikonsumsi kebanyakan gula disbanding protein dan kalsium dan ada proses nagih dan kalau berlebihan maka akan sering kegemukan dan sering sakit," tutupnya.

No comments:

Post a Comment