Sunday, September 18, 2011

6 Siasat Tetap Sehat di Kantor

Saat di kantor, urusan makan sehat memang kerap terlewatkan. Lantas, bagaimana caranya menyiasati agar sesi makan siang tetap dilewatkan dengan asupan sehat layaknya di rumah?

Makan siang yang sehat memang sangat penting dilakukan. Apalagi dengan tingkat aktivitas kantor yang padat, tentu asupan sehat sangat dibutuhkan untuk mengembalikan energi yang terpakai selama agenda kerja berlangsung. Jika ingin menerapkannya, berikut ini panduannya seperti dilansir Health Me Up.

Hindari makanan siap saji

Lihatlah pilihan salad pada menu yang ada. Anda tentu tahu, sesendok makan mayonaise sangatlah tidak sehat. Apalagi ditambah dengan menu makanan yang digoreng dan juga dipanggang. Jika nilai gizi adalah satu-satunya faktor penentu dalam memilih makan siang, Anda tetnu perlu makan siang sehat setiap hari. Tapi tentu sangat sulit untuk mengabaikan aroma dan rasa gurih dari French Fries. Untuk menyiasati hal tersebut dan meredam keinginan Anda, makanlah di restoran cepat saji tak lebih dari sekali dalam dua pekan. Itupun dengan catatan bahwa Anda tidak memilih saus dan kentang goreng yang tidak sehat dalam menu Anda. Sebaliknya, pilihnya menu yang dikukus dan makanan yang dipanggang.

Lupakan appetizer

Apakah Anda benar-benar membutuhkan makanan pembuka? Sebaiknya review kembali kebutuhan harian Anda. Selain menjaga energi saat bekerja dengan lebih lama, makanan pembuka menambah asupan kalori Anda dari bahaya makanan yang mengancam. Namun jika program penurunan berat badan Anda memungkinkan antara 1.500-2.000 kalori per hari, Anda tentu akan berada dalam kesulitan besar. Sebaiknya Anda perlu melewatkan makanan pembuka. Tetapi jika Anda benar-benar ingin memakannya, buatlah makanan sup dan makanan kukus untuk menjaga kalori Anda.

Makanlah dengan bijak

Berhati-hatilah menyabotase porsi yang Anda makan. Bawalah makanan dalam satu kotak makanan yang ideal. Belilah kotak makan siang dengan kompartemen per kelompok nutrisi konsumsi makanan yang direkomendasikan. Ikuti aturan sederhana yakni setengah piring dari porsi makan tersebut harus mengandung sayuran. Bagian lainnya yakni harus berbagi antara sumber protein dan sereal. Oleh karena itu, bagilah kotak menjadi tiga bagian. Jangan lupa, tambahkan buah dan minuman seperti air kelapa, limun atau buttermilk untuk menambah nutrisi Anda.

Makan di restoran Italia

Restoran yang khusus dengan spesifikasi makanan tertentu adalah sebuah pilihan baik untuk melewatkan waktu santap siang Anda. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah, mintalah saus di samping piring Anda. Ini akan membantu Anda mengontrol seberapa banyak Anda makan makan siang Anda. Kedua, batasi asupan karbohidrat yakni dengan menghindari roti atau memesan nasi tambahan. Ketiga, pilihlah makanan yang dimasak dengan metode uap, panggang, atau tumis.

Hindari makanan ringan

Makan "snack" bukanlah pilihan terbaik. Apalagi melewatkan makan siang dan lebih memilih sekantong kripik. Itu sangat berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Jadi jika Anda masih sibuk mengetik, sebaiknya ganti dengan mengunyah apel sebagai pengganti sementara waktu sebelum Anda makan besar Anda lakukan.

Minum jus

Jika Anda harus minum sesuatu untuk menemani makan siang Anda, maka tinggalkanlah martini dan beralihkah ke jus atau lemon tea. Jus tomat misalnya bisa menjadi pilihan. Nutrisi yang terkandung dalam jus tomat merupakan sumber antioksidan untuk vitamin dan juga zat besi. Dengan demikian, jus tomat adalah strategi terbaik untuk melengkapi nutrisi harian Anda.

No comments:

Post a Comment