Thursday, September 29, 2011

Bangun Tidur Puncak Rasa Bahagia

Tahukah Anda, kebanyakan orang terbangun dengan mood yang bagus dan merasa lebih bahagia di pagi hari dibanding dengan waktu-waktu lainnya sepanjang hari? Puncak rasa bahagia itu terutama dialami orang di akhir pekan.

Hal tersebut tercermin dari banyaknya "kicauan" alias tweet orang di situs mikroblogging, twitter, yang bernada riang di pagi hari dan akhir pekan. Fenomena itu tampaknya berlangsung universal karena para peneliti menganalisa isi tweet dari 2,4 juta orang di 84 negara yang dikirimkan selama kurang lebih dua tahun.

Para peneliti dari Cornell University yang melakukan studi mengenai mood dan perilaku manusia itu menggunakan program komputer untuk mencari kata-kata dalam bahasa Inggris yang menyampaikan perasaan positif, seperti gembira, antusias, brilian, serta perasaan negatif seperti sedih, cemas, atau takut.

Apa yang mereka temukan? Orang-orang pada umumnya merasa bangun dengan perasaan lebih bahagia di akhir pekan. Selain itu diketahui pula bahwa puncak rasa positif muncul saat kita bangun tidur dan menjelang tengah malam. Akan tetapi sebelum siang, biasanya mood mulai turun kembali.

Mood yang turun di pertengahan pagi itu ternyata tidak berkait dengan kemacetan atau pekerjaan karena di akhir pekan orang-orang juga mengalaminya. Para peneliti menduga hal itu terjadi karena efek tidur dan ritme sirkadian tubuh.

Dalam penelitian ini para peneliti juga menganalisa tweet di Uni Emirat Arab, di mana Jumat dan Sabtu dianggap sebagai akhir pekan. Ternyata polanya hampir sama dengan pengguna Twitter di belahan dunia lain.

No comments:

Post a Comment