Saturday, November 26, 2011

Pertimbangan Kala si Kecil Ingin Pelihara Binatang

Pertimbangan Kala si Kecil Ingin Pelihara Binatang Ketika si kecil menginginkan hewan peliharaan, tentu Moms tak serta merta mengabulkan permintaannya bukan? Ada sederet pertimbangan yang harus dipikirkan.

Pertimbangan dibuat mulai dari usia si kecil yang harus bertanggung jawab merawat, jenis hewan, makanan, kebersihan dan sebagainya. Tenang Moms, ikuti saja tip berikut:

Anjing

Pertimbangan utama jika ingin memelihara anjing adalah pemilihan jenis anjing yang aman untuk anak-anak, serta luas tempat tinggalnya. Anjing Golden Retriever, Beagle, Collie termasuk cocok buat anak. Carilah informasi sebanyak-banyaknya seputar tipe anjing Anda.

- Kebersihan:

1. Selain menjaga kebersihan bulu anjing, perhatikan area telinga, mata, mulut, kaki dan sekitar anusnya. Sebaiknya mandikan setiap 2 minggu sekali. Memandikan anjing terlalu sering dapat mengakibatkan anjing lebih cepat bau dan bulu rontok. Gunakan sampo khusus anjing atau sabun bayi. Keringkan dengan hair dryer, tapi jangan gunakan yang panas. Akan lebih baik dengan blower. Jangan lupa memotong kukunya!

2. Sebaiknya bersihkan gigi setiap hari, bisa menggunakan sikat gigi bayi dan pasta gigi bayi, jadi aman jika tertelan. Perlu diketahui makanan kering dan air putih matang lebih baik diberikan agar tidak mudah terbentuk karang gigi.

3. Tempat makan dan minum lebih baik pilih dari stainless steel, agar mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan alergi.

- Kesehatan:

1. Berikan vaksin sejak anjing berumur 6 - 7 minggu dan diulang sesuai program vaksinasi. Anjing diharapkan mendapatkan vaksinasi lengkap saat berumur 4 bulan. Setelah itu, vaksinasi diulang setiap satu tahun. Pemberian obat cacing dianjurkan pertama kali saat berumur 1 bulan dan diulang setiap 3 - 4 bulan.

2. Jika anjing terlihat sakit, segera bawa ke dokter hewan terdekat. Biasanya, semakin besar ras anjing, semakin pendek umurnya. Rata-rata usia anjing: 10 – 11 tahun.

Kucing

- Kebersihan:

1. Jagalah kebersihan telinga, mata, hidung, mulut dan sekitar anusnya. Untuk kucing bulu panjang perlu perawatan ekstra.

2. Sebaiknya dimandikan setiap 2 minggu sekali, jangan terlalu sering memandikan kucing karena membuat kulitnya jadi kering.

3. Gunakan sampo khusus kucing, lalu gunakan handuk dan keringkan dengan blower.

4. Bersihkan kandangnya setiap hari, oleh karenanya kandang kucing yang baik adalah kandang yang mudah dibersihkan, aman dan nyaman buat kucing tinggal di dalamnya.

- Kesehatan:

1. Memberi makan kucing harus disesuaikan dengan umur dan panjang pendeknya bulu. Saat ini sudah tersedia berbagai makanan kucing untuk kondisi kesehatannya, umumnya di dalam kemasan sudah dicantumkan jumlah takarannya.

2. Bila kucing sakit, tempatkan kucing di tempat yang tenang, hangat dan jauh dari gangguan kucing lain. Perawatan kucing sakit harus sesuai petunjuk dokter hewan.

3. Vaksinasi sudah bisa diberikan saat kucing berumur 2 bulan dan disesuaikan dengan program vaksinasinya. Untuk obat cacing bisa diberikan saat kucing sudah berumur 1 bulan dan diulang setiap 3 - 4 bulan.

Kelinci

Umumnya kelinci mampu bertahan hidup 7 -10 tahun. Nah supaya kelinci dapat bertahan hidup sampai usia tersebut, diperlukan kesiapan merawat kelinci dengan baik dan benar.

- Kebersihan:

1. Meskipun kelinci di alam liarnya termasuk hewan yang tidak suka mandi. Tapi kelinci dapat dibiasakan mandi sejak umur > 3 bulan, dengan air hangat dan sampo bayi atau khusus kelinci. Dilakukan setiap 1 - 2 bulan sekali.

2. Bersihkan kandang kelinci setiap hari. Kandang kelinci yang baik terbuat dari bambu, aluminium, besi anti karat. Sebenarnya apapun jenis bahannya, yang penting harus dijaga kebersihannya.

- Kesehatan:

1. Kelinci termasuk hewan yang hampir tidak berhenti makan. Sebaiknya makanan selalu tersedia, seperti sayuran segar, pelet atau berbagai campuran biji dan sereal. Ada juga berupa sejenis rumput kering.

2. Saat ini banyak dijual vitamin dan obat penguat kelinci agar tidak mudah sakit. Namun ketika kelinci tiba-tiba sakit, berikan makanan baru dan segar. Lalu segera bawa ke dokter hewan terdekat.

Hamster

Hamster termasuk binatang pengerat, membuat lubang/liang dan selalu berusaha kabur. Jadi perlu disediakan kandang yang kuat, ada terowongan, ada roda hamster dan kandang untuk bersembunyi yang nyaman. Letakkan kandang di tempat yang aman dari gangguan hewan lain serta nyaman saat mereka tidur. Kandang juga harus rapat agar hamster tidak mudah kabur.

- Kebersihan

1. Bersihkan kandangnya setiap hari agar hamster selalu bersih dan tidak tumbuh jamur. Berhati-hatilah membersihkan kandangnya supaya hamster tidak stres.

2. Hamster sebenarnya binatang yang tidak perlu dimandikan dengan air dan sampo, tapi perlu diberikan serbuk pasir yang ditempatkan di dalam wadah untuk hamster mandi pasir.

- Kesehatan

1. Sebaiknya makanan hamster selalu tersedia setiap hari. Makanan hamster bisa berupa pelet atau campuran berbagai biji-bijian, dan saat ini banyak dijual di petshop.

2. Biasanya hamster jatuh sakit karena perawatan yang kurang baik, makanan busuk atau berjamur. Ganti segera pasir, serbuk kayu dan makanannya dengan yang baru. Obat biasanya diberikan dengan cara mencampur di minumannya. Usia hamster berkisar 2 - 3 tahun.

No comments:

Post a Comment