Thursday, December 29, 2011

Tarian Ini Bikin Tubuh Langsing

Tarian buat langsingSelama ini banyak sekali olahraga untuk membakar lemak. Aerobik, jogging, senam, atau renang bisa menjadi pilihannya. Namun, melakukan kegiatan sesuai dengan hobi ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, seperti menari.

Selain bisa membakar lemak, menari juga bisa menurunkan tingkat stres. Menurut Aanchal Gupta, pendiri pusat latihan kebugaran Arts in Motion di India, menari bukan hanya sekedar melakukan serangkaian gerakan.

Menari merupakan latihan penuh gerak intensitas tinggi yang bekerja menggerakkan semua otot utama Anda. Satu jam melakukan latihan menari mampu membakar 300 sampai 500 kalori.

Banyak alternatif cara menurunkan berat badan yang bisa Anda pilih. Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan instruktur dance guna membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Zumba

Zumba merupakan gabungan musik dan tarian Latin yang menawarkan gerakan bertenaga sehingga menimbulkan kontraksi serta tarikan otot. Semua gerakan ini dilakukan dengan cepat dan tekanan tinggi, sehingga tarikan-tarikan ototnya sangat terasa. Tak hanya membakar lemak, gerakan tarian ini juga menyehatkan jantung.

"Tarian ini memiliki gerakan cepat, dan memerlukan banyak energi. Gerakan tari zumba melibatkan banyak gerakan pada pinggul, pinggang dan kaki," kata Aanchal. Tak hanya itu saja, menari zumba bisa membuat suasana hati lebih menyenangkan. Bisa pula dilakukan bersama pasangan.

Bollybics

Bollybics adalah sebuah bentuk tarian kombinasi. Tarian ini menggabungkan gerakan tarian Bollywood yang dipadu dengan langkah-langkah gerakan aerobik. "Tarian ini merupakan bagian dari gerakan kardio. Sebuah latihan yang memerlukan energi tinggi. Bollybics membantu menggerakkan semua bagian tubuh seperti, lengan kaki, pinggul dan pinggang," tambah Aanchal lagi.

Belly Dance (Tari Perut)
Jika Anda mendambakan perut seksi, cobalah salah satu seni tari tertua di dunia ini. "Gerakan tari perut melibatkan gerakan terisolasi," kata Aanchal. Tarian ini fokus menggerakan perut, dada dan otot paha. Jenis tarian ini tidak hanya membuat Anda fleksibel, tetapi juga membantu mengencangkan otot perut jika dilakukan secara terkontrol. Bonusnya, melakukan gerakan tari perut juga diyakini bisa membuat awet muda penarinya.

Salsa

Salsa memiliki gerakan yang seksi dan enerjik. Salsa juga digunakan sebagai metode untuk menurunkan berat badan dan membantu melenturkan badan. Pola tarian Salsa yang mengandalkan permainan pinggang dan kaki akan membentuk badan lebih shape dan fleksibel. Ahli kesehatan asal Amerika menyarankan untuk menari salsa karena mampu membakar 10 kalori per menit.

Tak hanya itu, sebuah penelitian di University of Derby pada tahun 2007 menunjukkan seseorang yang belajar Salsa bisa membantunya melawan depresi. Para peneliti mengungkapkan Salsa bisa memicu pelepasan hormon bahagia di otak serta membantu meningkatkan konsentrasi. Selain itu Salsa juga sangat baik membantu mobilitas punggung bagian bawah.

No comments:

Post a Comment